Ringkasan Materi Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS Terlengkap [Pdf]

Download ringkasan (rangkuman) materi tes intelegensi umum (TIU) SKD CPNS terlengkap sesuai kisi-kisi BKN (pdf).

Ditulis oleh: Weebo
--- Kode Iklan Google Adsense 1 ---
--- Kode Iklan Google Adsense 2 ---
--- Kode Iklan Google Adsense 3 ---
Tes intelegensi umum (TIU) merupakan bagian dari seleksi kompetensi dasar (SKD) dalam tes penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tes intelegensi umum bertujuan untuk menilai kemampuan verbal (menyampaikan suatu informasi secara tertulis ataupun lisan), kemampuan numerik (kemampuan melakukan operasi hitung), kemampuan berpikir logis (penalaran secara sistematis dan runtut), dan kemampuan berpikir analitis (mengurai permasalahan secara sistematik).

Setiap peserta tes calon pegawai negeri sipil harus memperoleh nilai minimal yang menjadi persyaratan agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Nilai minimal tersebut dinamakan passing grade. Pada tes intelegensi umum, nilai minimalnya yaitu 80. Jika peserta tes CPNS mempunyai nilai TIU kurang dari 80, maka dinyatakan tidak lolos passing grade.

Tes intelegensi umum merupakan suatu tes yang cukup menyulitkan dan banyak menyebabkan peserta tes penerimaan CPNS gagal lolos passing grade. Soal tes intelegensi umum terdiri dari 30 soal dengan masing-masing soal mempunyai skor 5, sehingga tes intelegensi umum mempunyai nilai maksimal 150 dengan nilai minimal harus mencapai 80 agar lolos passing grade.

Readmore:

Materi Tes Intelegensi Umum (TIU):


Kemampuan Verbal

Kemampuan verbal merupakan kemampuan menyampaikan suatu informasi secara lisan ataupun tulisan. Tes kemampuan verbal bertujuan untuk mengukur kemampuan penguasaan bahasa verbal yang meliputi lawan kata (antonim), padanan kata (sinonim), padanan hubungan kata (analogi verbal), melengkapi kalimat, dan lain-lain.
Berikut merupakan kumpulan ringkasan materi tes intelegensi umum tentang kemampuan verbal yang dapat didownload dan dijadikan bahan untuk belajar:
Judul

Kemampuan Numerik

Kemampuan numerik merupakan melakukan operasi hitung dan melihat hubungan antara angka-angka. Tes kemampuan numerik bertujuan untuk mengukur kemampuan hitung seseorang dalam memecahkan masalah-masalah aritmatika. Kemampuan numerik adalah suatu tes yang berkaitan dengan kecepatan dan kecermatan dalam menggunakan fungsi hitung dasar.
Berikut merupakan kumpulan ringkasan materi tes intelegensi umum tentang kemampuan numerik yang dapat didownload dan dijadikan bahan untuk belajar:
Ringkasan Materi TIU: Statistika
Ringkasan Materi TIU: Persamaan dan Pertidaksamaan
Ringkasan Materi TIU: Perbandingan
Ringkasan Materi TIU: Jarak, Waktu, dan Kecepatan
Ringkasan Materi TIU: Himpunan
Ringkasan Materi TIU: Barisan dan Deret
Ringkasan Materi TIU: Aritmatika

Kemampuan Berpikir Logis

Kemampuan berpikir logis merupakan kemampuan melakukan penalaran secara sistematis dan runtut. Berpikir secara logis yaitu suatu proses berpikir dengan memakai rasional, logika, dan akal. Dengan berpikir logis, seseorang akan dapat membedakan dan mengkritisi suatu kejadian yang terjadi.
Berikut merupakan kumpulan ringkasan materi tes intelegensi umum tentang kemampuan berpikir logis yang dapat didownload dan dijadikan bahan untuk belajar:
Judul

Kemampuan Berpikir Analitis

Kemampuan berpikir analitis merupakan kemampuan mengurai permasalahan secara sistematik. Menganalisis yaitu kemampuan memisahkan informasi ke dalam beberapa bagian, mencari hubungan antar bagian, mampu mengenal komponen dari bagian tersebut, dan bagaimana komponen tersebut berhubungan.
Berikut merupakan kumpulan ringkasan materi tes intelegensi umum tentang kemampuan berpikir analitis yang dapat didownload dan dijadikan bahan untuk belajar:
Ringkasan Materi TIU: Logika Gambar dan Pemecahan Bersyarat